Selasa, 23 November 2010

GOOGLE berencana menambah fitur musik terbaru

Rencana Google Menambah Fitur Musik Terbaru



Google tengah berencana me-launching fitur musik terbaru. Search engine ini bahkan kabarnya tengah dalam pembicaraan dengan sejumlah pihak major label mengenai servis musik terbaru yang di antaranya adalah digital download store.

Melalui fitur musik ini Google menawarkan fasilitas digital download ala iTunes baik per track maupun per album. User diberi kesempatan untuk mendengarkan setiap track sekali, sebelum dibatasi menjadi hanya 30 detik. Lalu Google juga akan melisensi musik dengan meminta user membayar $25 per tahun untuk servis bernama digital locker, yang akan memberi mereka akses online ke music library. User juga bisa menciptakan playlist sendiri untuk dibagi dengan teman. Google Music ini akan berakar dari sistim operasi Android dan awalnya hanya direncanakan sebagai music download service. Lalu berkembang menjadi cloud-based service.

Selain mencari kemungkinan untuk bekerjasama dengan social networking, kini Google VP Engineering, Andy Rubin kabarnya tengah dalam pembicaraan dengan sejumlah record label dan sebuah sumber mengungkapkan bahwa kemungkinan label-label ini akan medukung rencana Google ini karena dianggap mampu bersaing dengan Apple iTunes. Servis musik Google ini tampaknya akan membuat mereka menjadi rival utama bagi dominasi toko musik digital, iTunes milik Apple. Perusahaan yang berbasis di The Mountain View, California ini pernah me-launching Music Onebox yang membuat orang bisa menemukan musik dengan memdengarkannya secara streaming via online music stores, Lala.com dan iLike. Namun tampaknya ini tidak berhasil karena adanya Apple dan MySpace.

Google sejak lama memang telah memberikan tanda bahwa mereka berencana memberikan para user, fasilitas handphone dengan sistim operasi Google Android. Saat event Consumer Electronics Show yang diadakan Bulan Januari lalu, perusahaan yang berbasis di The Mountain View, California ini sempat mengungkapkan bahwa mereka akan menambahkan fitur baru di dalam Google music store seperti menyatukan antara digital download dan streaming music dalam hasil pencarian di Google.

Hingga kini, sebuah sumber mengatakan belum ada kesepakatan yang fix, termasuk detil mengenai royalti dan pembagian penghasilan.



referensi : http://www.mymusicsharing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar