Selasa, 07 Juni 2011

Biometrika


Biometrika atau biometrics berasal dari kata bio dan metrics. Bio berarti sesuatu yang hidu, sedangkan metrics berarti mengukur. Biometrika berarti mengukur karakteristik pembeda (distinguishing traits) pada badan atau perilaku seseorang yang digunakan untuk melakukan pengenalan secara otomatis terhadap identitas orang tersebut.

Sistem biometrika merupakan teknologi pengenalan diri menggunakan bagian tubuh atau perilaku manusia. Sidik jari dan tanda tangan merupakan contoh biometrika berdasarkan bagian tubuh dan tingkah laku manusia.

Ada banyak bentuk karakteristik perilaku seseorang yang dapat digunakan dalam bidang biometrika, contohnya: DNA, telinga, jejak panas pada wajah, geometri tangan, pembuluh tangan, wajah, sidik jari, iris pada mata, telapak tangan, retina, gigi dan bau (komposisi kimia) dari keringat tubuh.

Penggunaan teknologi biometrika dengan menggunakan sidik jari.

Tidak ada manusia didunia ini yang kembar identik dan memilik pola SIDIK JARI yang sama walaupun manusia telah hadir didunia ini berabad-abad yang lalu.

Oleh karena itu dengan menggunakan sidik jari kita, kita dapat melakukan sebuah akses ke dalam system kita sendiri tanpa harus perlu repot-repot menghapal kode PIN atau password yang rentan akan penjebolan data.

Penggunaan biometrika untuk sistem pengenalan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem tradisional (penggunaan PIN, password, kartu, dan kunci) salah satunya adalah system berbasis password mudah diserang menggunakan metode atau algoritma brute force, sedangkan sistem biometrika tidak dapat diserang dengan cara ini karena system biometrika membutuhkan kehadiran pengguna secara langsung pada proses pengenalan.

Penggunaan teknologi bimetrika dengan menggunakan sidik jari telah diterapkan pada fasilitas yang memerlukan pertahanan keamanan yang sangat tinggi, contohnya: di bank, laboratorium, dan instalasi militer. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses ataupun membuka pintu sehingga tidak sembarang orang yang dapat mengaksesnya.

PERTUKARAN STANDAR DATA SIDIK JARI

Dengan sidik jari kita dapat melakukan identifikasi terhadap jenazah maupun tersangka pelaku tindak kriminal dengan cara mengambil sample sidik jarinya dan kemudian diteliti serta dimasukan kedalam sebuah database untuk mempermudah proses pencarian.

Dengan adanya database tersebut, kita dapat mengetahui identitas sesorang dengan hanya menyamakan pola sidik jarinya dengan yang telah ada didalam database tersebut.

Dibidang keamanan, pertukaran database sidik jari ini mutlak diperlukan supaya seluruh jajaran kepolisian didunia terintegrasi menjadi satu dan agar memudahkan dalam melakukan pengenalan seorang tersangka, namun dalam pertukaran database ini juga harus diperlukan keamanan yang sangat tinggi agar tidak dimanipulasi ataupun diakses oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

referensi : http://www.sysnetcamp.com

tutorial membuat website

Seiring dengan pertambahan jumlah netter (pengguna internet) di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, makin banyak pula orang yang ingin mempunyai homepage atau website sendiri. Hal ini wajar mengingat manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mempunyai website sendiri. Memiliki alamat email, sekarang ini bukan lagi sesuatu yang istimewa. Tapi memiliki website sendiri mungkin bagi kebanyakan orang masih merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Untuk itulah kami mencoba menyusun tutorial praktis ini agar dapat dipelajari dan dipraktikkan oleh para netter yang berkeinginan menjadi webmaster (pengelola website). Mudah-mudahan dengan kemampuan membuat website, kita dapat ikut serta menyebarluaskan ilmu dan informasi yang bermanfaat bagi seluruh ummat manusia, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Bagaimana caranya bisa menampilkan website sendiri di internet? Ada beberapa tahapan dan langkah yang harus kita lalui untuk membuat sebuah website, disini saya akan memberitahukan dasar-dasar pembuatan website :

1. Domain dan Web Hosting
Pengetahuan dasar tentang Domain dan Web Hosting.
2. HTML (HyperText Markup Language)
HTML sebagai dasar utama untuk membangun website.
3. CSS (Cascading Style Sheet)
CSS untuk membuat Layout dan mempercantik website.
4. JavaScript (JScript)
Menjadikan website lebih interaktif dengan JavaScript.
5. PHP dan MySQL
Belajar bahasa pemprogramman PHP dan database MySQL.
6. Web Design
Merancang dan membuat desain website.
7. Upload Website
Mengupload website agar bisa online dan diakses di internet.
8. SEO (Search Engine Optimization)
Beberapa trik agar website masuk di halaman pertama hasil pencarian di Google, Yahoo, dan mesin pencari lainnya.

Selasa, 22 Maret 2011

analisis web science (cerdaskretif.com)


www.cerdaskreatif.com

disini saya akan sedikit mengulik isi dari web cerdaskreatif.com ini

web ini merupakan web yang berisi tentang pembelajaran. saya pikir jika anda ingin mencari web untuk belajar khususnya untuk pelajar, web ini sudah cukup lengkap dengan berbagai isi-isinya yang ada bermacam-macam unsur yang mendukung pembelajaran kita.
di web ini ada banyak sekali bahan-bahan pembelajaran yang saya pikir sangat berguna untuk menunjang pembelajaran kita diluar sekolah atau kampus.
disini kita juga bisa mendownload gratis berbagai macam buku-buku SMA dan SMP
lalu ada juga bahan ajar dengan model power point, yang dibuat dengan Ms. PowerPoint untuk mempermudah kita dalam mempelajarinya.
disini banyak sekali soal-soal yang bisa anda gunakan untuk latihan diluar pelajaran dari sekolah, dan tidak perlu khawatir karena disini juga disediakan kunci jawabannya.
jika anda adalah siswa SMP atau SMA kelas 3 yang sebentar lagi dihadapkan dengan Ujian Nasional, jangan khawatir, web ini menyediakan berbagai soal untuk UN beserta kunci jawabannya, jadi anda tidak perlu lagi beli buku yang tebal dan mahal di toko buku,
anda cukup mendownload soal-soal dan kunci jawaban yang telah disediakan disini.
situs ini juga memberikan bahan pembelajaran untuk guru-guru untuk mepermudah mereka dalam mengajar.

jadi situs ini memang benar-benar membantu dalam menunjang pelajaran diluar sekolah, dan salah satu keunggulan situs ini adalah selain banyak sekali soal-soal+jawabannya yang bisa kita dapat, kita bisa mendownload berbagai materi, soal-soal dan bahkan buku secara gratis jadi kita hanya butuh koneksi internet saja. dan bahkan situs ini juga memberikan materi untuk menunjang guru-guru dalam memberikan pembelajaran kepada murid-muridnya.

Jumat, 04 Maret 2011

PERBEDAAN WEB 1.0 2.0 DAN 3.0


Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read. Web 1.0 – merupakan web statis karena hanya berisi informasi , dan tidak interaktif (tidak bias dicomentari, diupdate, dll.)

Web 2.0 yang merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.Sifat Web 2.0 adalah Read-Write. Sudah dinamis, karena interaktif.

Yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 2.0 dan Web 1.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya.Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop.

Web 3.0, perbedaanya dengan Web 2.0. Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (Artificial Intelegence).Aplikasi – aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi, kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service. Di web 3.0 ini, sudah terjadi konvergensi yang sangat dekat antara dunia TI dengan dunia telekomunikasi. Dunia web dan telco berkembang pesat seiring dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan perangkat TI dan telekomunikasi nantinya sudah seperti sama saja tidak ada bedanya. Saat ini saja pertanda seperti itu sudah mulai bisa kita rasakan walaupun masih belum sempurna. Kita bisa menonton tivi di ponsel atau komputer, bisa mengakses internet di ponsel, bisa melakukan SMS dan telepon dari komputer. Ya karena konvergensi terhadap berbagai perangkat seperti hukum alam yang tidak bisa dielakkan. Semua mengalami evolusi menuju dunia yang lebih maju. Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.

Permasalahan lain yang potensial muncul adalah, sebagai teknologi masa depan, Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan akses Internet yang memadahi dan spesifikasi komputer yang tidak enteng, hal ini disebabkan tak lain karena teknologi ini secara visual berbasis 3D. Sedangkan seperti yang kita tahu biaya akses Internet dengan kecepatan tinggi di Indonesia ini masih terbilang mahal bagi masyarakat umum. Belum lagi jika dihitung dari biaya spesifikasi perangkat komputer yang dibutuhkan, mungkin masyarakat Indonesia yang ingin menikmati kecanggihan layanan berbasis teknologi Web 3.0 masih harus menarik nafas penjang. Namun karena Web 3.0 sendiri masih dalam pengembangan, seiring dengan berlalunya waktu sebagai masyarakat Indonesia kita masih bisa mengharapkan bahwa biaya komunikasi, dalam hal ini koneksi Internet kecepatan tinggi akan semakin murah nantinya, sehingga terjangkau bagi masyarakat luas.

Untuk 3.0 sudah mampu multi tasking. Sedangkan pada 2.0 ada kemungkinan macetnya traffic jika digunakan untuk multi tasking.

Selasa, 23 November 2010

10 Tips Cara merawat Laptop atau notebook

banyak dari kita yang mempunyai laptop maupun notebook tetapi tidak mengerti cara merawat dan menjaganya agar tidak cepat rusak. kita semua tahu laptop sangat rentan dengan kerusakan karena kita pasti sering membawanya kemana-mana karena bentuknya yang portable. kita semua pasti tidak mau kalau laptop kita sampai dioperasi seperti gambar dibawah ini :



untuk itu ada beberapa tips untuk merawat laptop atau notebook agar awet dan tidak cepat rusak.


Berikut tips-tipsnya :


1. Hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak atau lembut.
Seperti sofa, tempat tidur dan karfet. Sebab, pemakaian seperti itu akan menghambat aliran udara dibagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.


2. Jika mendownload software gratis dari internet, jangan sembarangan.
Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Namun, bila Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.


3. Hindari peletakkan laptop di lantai.
Sebab, ini dapat beresiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan. Laptop jika diletakkan di lantai, juga akan cepat kotor oleh debu.


4. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.
Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.


5. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?


6. Ketika membawa laptop di dalam tas, Anda harus berhati-hati.
Tas yang digunakan untuk membawa laptop pun jangan sembarang tas. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.


7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop.
Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.


8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri
Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.


9. Jangan meletakkan notebook di tempat yang menjadi sangat panas.
Seperti terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka pada siang hari.


10. Hindari notebook Anda dari air jenis apa pun.
Meskipun nanti juga akan mengering, cepat atau lambat sirkuit di dalam laptop atau baterai secara perlahan akan berkarat.

handphone adidas

adidas yang idientik dengan sponsor atau merek peralatan olahraga, telah meluncurkan produk handphone dengan desain yang sangat menarik. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar-gambar penampakan handphonenya.













referensi : http://uniqpost.com

20 negara yang paling banyak mengakses FACEBOOK




Facebook telah mengumumkan bahwa jumlah pengguna Facebook telah tembus 500 juta. Namun, Facebook belum merinci secara jelas, negara pengakses terbesar situsnya tersebut.

Royal Pingdom, Senin (16/8/2010) mencoba merinci negara-negara pengakses terbesar situs yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut. Data Royal Pingdom menunjukkan bahwaAmerika masih menjadi negara terbesar pengakses Facebook disusul Inggris, Indonesia dan Italia.

Amerika Serikat mendominasi sekira 24 persen pengguna Facebook secara keseluruhan dengan jumlah member mencapai 130 juta pengguna. Sementara Inggris memiliki 28 juta pengguna. Sedangkan Indonesia dan Italia diperkirakan memiliki jumlah pengguna yang sama yakni sekira 26 juta pengguna.

Namun, yang menjadi catatan Royal Pingdom adalah negara dengan pengguna internet terbesar seperti China justru tak masuk ke dalam jumlah pengguna Facebook terbesar. Hal itu sangat wajar, mengingat kebijakan pemerintah China yang memblokir warganya mengakses Facebook.

Berikut 20 negara pengakses terbesar Facebook:

1. AMERIKA SERIKAT = 130juta
2. INGGRIS = 28 juta
3. INDONESIA = 26 JUTA
4. ITALIA = 26 JUTA
5. PERANCIS = 21 JUTA
6. INDIA = 21 JUTA
7. JERMAN = 18 JUTA
8. MEKSIKO = 16 JUTA
9. TURKI = 16 JUTA
10. KANADA = 15 JUTA
11. MALAYSIA = 12 JUTA
12. SPANYOL = 12 JUTA
13. FILIPINA = 10 JUTA
14. AUSTRALIA = 9.1 JUTA
15. ARGENTINA = 8.2 JUTA
16. TAIWAN = 8.2 JUTA
17. KOLOMBIA = 7.5 JUTA
18. BRAZIL = 6.2 JUTA
19. CHILI = 6.2 JUTA
20. THAILAND = 6.2 JUTA

referensi : royal.pingdom.com